Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

6 Alasan Pentingnya Olahraga Setelah Melahirkan

6 Alasan Pentingnya Olahraga Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, Anda akan mengalami berbagai perubahan pada bentuk fisik tubuh. Apalagi, rutinitas seorang ibu yang memiliki bayi baru lahir juga akan disibukkan dengan mengurus si kecil. Meski begitu, tetap jangan lupa untuk olahraga, Moms!

Baca Juga: Berita dalam dan luar negri hari ini

Ya, ada banyak sekali manfaat berolahraga rutin setelah melahirkan. Meski mungkin tubuh Anda lelah, kurang tidur, atau bahkan mengalami depresi pascapersalinan, maka jangan lupa untuk menyempatkan olahraga. Ada banyak dampak positif yang bisa terjadi, seperti perasaan lebih tenang dan fisik menjadi lebih sehat.
Mayo Clinic melansir, bila Anda menjalani kelahiran hingga melahirkan normal tanpa komplikasi, maka olahraga bisa segera dilakukan setelah persalinan. Namun, jika menjalani operasi caesar atau proses persalinan yang rumit, maka bicarakan lebih dulu kapan waktu yang tepat untuk kembali berolahraga.

Alasan Kenapa Harus Olahraga Setelah Melahirkan

1. Mengembalikan Energi
Tubuh tentu akan lelah setelah merawat bayi baru lahir ya, Moms. Tetapi, dengan berolahraga, Anda bisa mendapatkan kembali energi untuk menjalani rutinitas sehari-hari. Nah, cobalah untuk rutin berjalan kaki setiap pagi dan sore sambil membawa bayi dengan stroller atau jogging 15-30 menit setelah bangun tidur. Tubuh lebih sehat dan Anda pun lebih berenergi dalam menjalani aktivitas.
2. Melepaskan Stres
Ibu yang baru melahirkan rentan mengalami depresi atau baby blues. Dengan berolahraga, setidaknya Anda dapat melepaskan stres dan pikiran-pikiran negatif. Dikutip dari The Bump, sebuah studi pada tahun 2017 menunjukkan dengan olahraga berintensitas ringan dapat menurunkan kemungkinan depresi pascapersalinan pada ibu baru.
3. Punya Waktu Beristirahat
Anda harus pintar-pintar mencari waktu istirahat saat bayi sedang tertidur atau sedang diajak main oleh anggota keluarga lain. Istirahat juga tidak harus tidur, tetapi juga bisa dengan berolahraga untuk menjernihkan pikiran dan memberikan tubuh lebih banyak energi.
4. Mengembalikan Bentuk Tubuh
Minder karena tubuh jadi lebih berisi dan mengendur setelah melahirkan? Salah satu solusinya adalah berolahraga, Moms! Tidak hanya mengembalikan citra tubuh, tetapi juga bisa memotivasi Anda agar lebih nyaman saat kembali berhubungan seks dengan suami. Selain bertujuan menurunkan berat badan, olahraga setelah melahirkan juga bisa memperkuat dan mengencangkan otot perut, meningkatkan kesehatan jantung, hingga menambah energi.
5. Punya Me Time
Setelah punya bayi, sebagian besar waktu Anda akan tersita untuk mengasuhnya. Jadi terkadang jarang punya waktu untuk diri sendiri. Padahal, tetap penting bagi ibu untuk mendapatkan me time dan salah satunya dengan berolahraga. American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan wanita setelah melahirkan setidaknya perlu berolahraga 150 menit berintensitas sedang setiap minggunya, yang berarti sekitar 20 menit sehari. Jadi, me time tidak melulu harus ke mal atau nyalon kan, Moms?
6. Jadi Contoh pada Anak
Kebiasan sehat dengan berolahraga juga akan berdampak pada bayi kita, lho! Sebab, saat tubuh dalam kondisi kurang baik, maka dikhawatirkan bisa berdampak pada bagaimana Anda mengasuh bayi. Tidak hanya menunjukkan kepada si kecil bahwa olahraga itu menyenangkan, tetapi juga bisa menghibur bayi yang melihat ibunya bergerak ke sana dan kemari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *