Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

Tips Kesehatan: Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan di Kantor

Tips Kesehatan: Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan di Kantor

Sebagian dari kita mungkin memiliki jadwal kerja yang begitu sibuk, saking sibuknya, kadang kita hampir tak sempat beranjak dari meja kerja. Padahal kebiasaan ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan. Betapapun sibuknya jadwal kita sehari-hari, sebaiknya kita tetap menyempatkan diri untuk bergerak dan berolahraga.

Selain melakukan olahraga dengan rutin dan serius, sebenarnya, ada beberapa bentuk olahraga simpel yang bisa kita coba selagi berada di kantor. Jenis-jenis olahraga ini hanya membutuhkan sedikit alat bantu dan bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan.
Selengkapnya, mari simak tips kesehatan untuk olahraga di kantor berikut.
1. Naik tangga dan berjalan kaki
Kita bisa membantu melatih kesehatan jantung dengan memperbanyak aktivitas fisik. Ini termasuk dengan memperbanyak berjalan kaki atau naik tangga saat sedang berada di kantor. Caranya adalah dengan sebisa mungkin mengurangi penggunaan eskalator atau lift dan memilih untuk lebih menggunakan tangga di tempat kerja.
Selain itu, kita juga bisa mencoba berjalan santai di daerah sekitar kantor untuk meningkatkan energi dan melancarkan aliran darah. Hal-hal ini dapat kita lakukan dengan mudah saat sedang ada waktu luang atau beristirahat.
2. Yoga
Yoga adalah salah satu pilihan olahraga yang bisa kita lakukan di kantor. Selain mengikuti kelas yang mungkin disediakan oleh kantor, kita juga bisa menerapkan beberapa gerakan yoga simpel yang sudah dipelajari sendiri. Peneliti dari Texas State University, Stacy Hunter, juga mengatakan bahwa kita setidaknya bisa melakukan pranayama atau teknik pernapasan yoga simpel.
“Teknik pernapasan yoga yang pelan dan dalam juga telah menunjukkan respons relaksasi yang dapat berkontribusi dalam mengurangi stres di tempat kerja,” tuturnya, seperti dikutip dari Reuters.
3. Lakukan gerakan peregangan
Kita mungkin pernah merasa pegal karena terlalu lama duduk. Untuk menguranginya, kita bisa melakukan beberapa gerakan peregangan sederhana. Mengutip Healthline, peregangan dapat membantu melancarkan peredaran darah, mengurangi rasa sakit pada punggung, juga melatih kelenturan badan.
Contoh dari peregangan yang bisa kita lakukan dari meja kerja adalah dengan menekuk tangan di belakang kepala, kemudian menarik kedua tangan, masing-masing selama 10 detik, secara bergantian. Selain itu, kita juga bisa meregangkan badan dengan mengarahkan badan ke kiri dan kanan secara bergantian sambil duduk, masing-masing selama 15 detik.
4. Olahraga untuk melatih kekuatan otot
Selain itu, kita juga bisa melakukan beberapa gerakan untuk melatih kekuatan otot di tempat kerja. Namun, Anda mungkin ingin memastikan sedang berada di tempat yang tertutup atau tak mengganggu orang lain saat melakukannya.
Contoh olahraga otot yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan squat dari posisi berdiri. Atau, kita juga bisa duduk tegak di kursi sambil meluruskan kaki dan menahannya selama beberapa detik di udara secara bergantian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *