7 Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

7 Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Ciri-ciri hamil muda yang paling umum dapat dirasakan oleh calon ibu atau dilihat orang-orang di sekelilingnya biasanya baru muncul pada minggu kelima atau keenam setelah pembuahan. Atau sekitar dua minggu setelah terlambat haid atau enam minggu, sejak haid terakhir. Selain itu perlu diketahui juga, para ahli kini menghitung kehamilan sejak hari pertama haid terakhir (HPHT). Itulah kenapa bila tepat dengan masa ovulasi atau masa subur, maka ciri-ciri hamil mulai muncul pada minggu ke dua.
Meski begitu, ada pula ahli yang berpendapat kalau ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama bisa saja muncul pada sebagian wanita. Apa saja ciri-ciri yang dimaksud?

Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama Foto: Dok. Freepik
1. Mudah Lelah 
Baik itu hamil satu minggu, maupun hamil lebih dari satu minggu, tubuh seorang wanita yang tengah mengandung akan terasa lebih lelah dari biasanya. Ini dikarenakan adanya perubahan hormon yang membuat kondisi tubuh jadi kurang stabil dan aktivitas tubuh mempersiapkan tempat untuk janin.
2. Sering Buang Air Kecil
Sering buang air kecil juga merupakan tanda hamil Sering buang air kecil biasanya dialami oleh ibu hamil yang memasuki usia satu sampai tiga bulan. Tapi tidak menutup kemungkinan, ibu hamil satu minggu mengalaminya.
Jika ukuran rahim normal maka pertumbuhan janin yang kecil menyebabkan reaksi tekanan pada bagian kandung kemih. Akibatnya kandung kemih menjadi lebih tertekan. 
Meningkatnya suhu tubuh merupakan salah satu ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama Foto: Shutterstock
3. Suhu Tubuh Naik 
Saat terjadinya pembuahan di dalam tubuh, suhu tubuh ibu bisa meningkat. Hal ini biasanya terjadi selama satu sampai dua minggu setelah pembuahan. Ciri-cirinya? Calon ibu mudah merasa kepanasan, meski cuaca di luar sedang tidak panas. 
4. Payudara jadi Lebih Sensitif 
Payudara yang terasa lebih sensitif ketika disentuh juga merupakan salah satu tanda hamil. Beberapa wanita, mengalami kondisi ini lebih dini sejak minggu-minggu pertama kehamilannya.
Penciuman jadi sensitif juga ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama Foto: Shutter Stock
5. Sensitif Terhadap Bau 
Ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang lain adalah penciuman yang jadi lebih peka dari biasanya. Aroma masakan yang tajam misalnya, dapat menyebabkan rasa terganggu bahkan mual.Namun sekali lagi, kehamilan setiap wanita berbeda-beda. Apa yang dialami atau dirasakan seorang calon ibu, belum tentu terjadi pada calon ibu lainnya. Dan bila merasa ragu atau khawatir, segeralah buat janji dengan dokter untuk membahasnya. 
6. Pendarahan Ringan 
Perempuan hamil lazim mengalami pendarahan setelah enam hari pembuahan. Darah yang keluar akan berwarna cerah dan berbentuk cair. Pendarahan ini juga akan segera berhenti dalam waktu sehari.  
7. Mengidam 
Mengidam bisa muncul secepat itu? Ternyata iya! Karena sebenarnya kondisi mengidam tidak ada kaitannya dengan kehamilan, namun merupakan sinyal yang merespon bahwa tubuh sedang kekurangan sejumlah nutrisi tertentu. Misalnya, saat hamil muda Anda mengidam makan steak, maka itu bisa saja karena tubuh kekurangan protein.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours