10 Manfaat Gula Merah dan Fakta Seputar Kesehatan

10 Manfaat Gula Merah dan Fakta Seputar Kesehatan

Gula merah merupakan salah satu jenis gula yang diperoleh dari kelapa atau nira pohon aren. Selain digunakan sebagai pemanis alami dalam berbagai makanan dan minuman, manfaat gula merah lainnya ternyata masih sangat banyak, lho.

Menurut buku The Secret of 5 Elements, Aleysius H. Gondosari (2013:125), gula merah mempunyai indeks manfaat yang positif, yaitu +5 sampai +15. Gula merah tidak mengalami pemanasan yang tinggi, seperti gula putih yang dikristalkan pada temperatur 4000C.

Manfaat Gula Merah yang Perlu Diketahui

Gula merah disebut merah karena memiliki warna cokelat atau merah kecokelatan karena mengandung molase, yaitu cairan kental yang memberikan warna dan rasa khas. Apa saja manfaat gula merah dan fakta seputar kesehatan yang perlu diketahui?

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Gula merah mengandung sejumlah vitamin dan mineral, termasuk vitamin B1, B2, B3, B6, kalsium, zat besi, fosfor, dan magnesium. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tulang, sistem saraf, dan berbagai fungsi tubuh lainnya.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Selain itu, gula merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan gula putih. Serat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2.
Serat sangat penting untuk pencernaan yang sehat dan membantu mengatur kadar gula darah.

3. Melindungi Tubuh dari Kerusakan Sel

Gula merah juga diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.
Dengan mengonsumsi gula merah yang kaya antioksidan, seseorang dapat membantu menjaga kesehatan dan melindungi tubuh dari kerusakan sel.

4. Memberikan Pasokan Energi

Karena memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks, gula merah memberikan pasokan energi yang stabil dan bertahap. Ini berbeda dengan gula putih yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat dan kemudian diikuti dengan penurunan yang tajam.

5. Mengurangi Nyeri Perut Saat Haid

Potassium yang terkandung pada gula merah dapat membantu otot rahim lebih relaks. Hal ini sangat bermanfaat bagi wanita, karena mampu mengurangi kontraksi yang muncul ketika haid datang.

6. Antiseptik

Manfaat gula jawa untuk kesehatan berikutnya adalah sebagai antiseptik. Gula merah memiliki efek antiradang dan antimikroba, sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka.

7. Sebagai Antialergi

Karena gula merah memiliki sifat antialergi, maka khasiat ini dapat mencegah serangan asma berulang, batuk, pilek, dan bersin-bersin.
Dengan potensi sebagai antialergi, reaksi yang timbul ketika terpapar alergen (pemicu alergi) hingga terjadi serangan asma dapat berkurang. Oleh karena itu, konsumsi gula merah juga baik untuk sistem pernapasan.

8. Mencegah Anemia

Gula merah merupakan sumber zat besi. Konsumsi rutin gula merah pada porsi yang cukup dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin (Hb), sehingga mampu mencegah anemia.

9. Mengeksfoliasi Kulit

Gula merah jenis brown sugar atau menyerupai pasir yang bertekstur seperti scrub dapat digunakan untuk proses eksfoliasi. Perawatan ini bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga terbebas dari kulit kusam maupun kasar.

10. Tinggi Mineral

Gula merah juga memiliki berbagai kandungan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Beberapa contohnya seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium.
Dengan mengonsumsi 1 sdt gula merah yang dicampur teh, 20 persen kebutuhan zat besi dan kalsium bisa terpenuhi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours